@wifi.id – Indonesia Wifi

Menikmati @wifi.id sambil nongkrong di Seven Eleven

Indonesia Wifi atau lebih dikenal dengan brand @wifi.id, mungkin sering kali kita menemukan SSID ini ketika kita menscanning  dari gadget / smartphone kita. Beberapa waktu lalu aku menemukan banyak tergelar di area publik seperti Bandara, Stasiun, dan terakhir kutemukan di gerai Seven Eleven. Mungkin kalau pernah ke luar negeri seperti Singapore, di seluruh penjuru kota akan kita temukan wifi Wireless@SG. Nah @wifi.id ini adalah untuk Indonesia

Sangat menarik ketika @wifi.id diletekkan di public area seperti Seven Eleven, dimana saat ini sedang trend anak muda atau kaum metropolitan nongkrong di tempat tersebut. Apalagi  dengan harga makanan yang relatif lebih murah. Sembari menunggu istri di salon, tempat yang paling murah untuk nongkrong adalah Seven Eleven. Cukup dengan satu cup iced coffee dan pisang, sembari memonitor beberapa email dan pekerjaan via iPad. Pekerjaan remote atau teleworking berasa sangat mudah, nyaman, dan very enjoy.

Ternyata kalau kita melakukan scanning, tidak hanya ada SSID @wifi.id itu sendiri, namun terdapat beberapa SSID lainnya. Diantaranya adalah:

  • @wifi.id – Akses Wifi ID itu sendiri
  • free@wifi.id – Akses internet gratis dari Indonesia Wifi di beberapa titik tertentu
  • FlexiZone – Akses internet menggunakan login dari user Flexinet ( EVDO )
  • FlashZone – Akses internet menggunakan login dari Telkomsel Flash
  • Flashzone-seamlessOffload jaringan internet dari 3G/BB anda ke dalam jarangan wifi

Semua SSID itu berasal dari satu Access Point yang sama dalam jaringan @wifi.id. Access Point @wifi.id ternyata bisa memancarkan multi SSID.

Flexizone Wifi

Karena aku juga berlangganan pake EVDO dari Flexinet akhirnya kugunakan FlexiZone untuk akses internet. Cukup dengan memasukkan user ID dan password flexinet yang kita punya, kita bisa mengakses internet gratis.

Speednya pun kencang sekali. Sangat sesuai untuk melakukan kegiatan remote dan teleworkingku ini sambil berselancar ke beberapa situs dengan fitur multimedia seperti youtube dan facebook.

Offload 3G ke @wifi.id

Ini dia hal yang baru, kita bisa men-offload koneksi 3G kita ke jaringan @wifi.id tanpa perlu login atau setting kembali SSID di handset kita. Offload ini menggunakan autentifikasi EAP-SIM, dimana wifi akan men-otorisasi kita dengan mendeteksi SIM Card GSM kita. Jadi tidak perlu melakukan login, memasukkan username dan password seperti layanan wifi lainnya yang menggunakan captive portal.  Jadi SIM Card kita lah yang seolah-olah merequest otentifikasi ke jaringan wifi.

Dulu aku pernah mengaktifkan koneksi Flashzone-seamless di handset Blackberry ketika di kantor. Ketika masuk Seven Eleven, otomatis handset mengalihkan jaringan dari 3G Blackberry ke wifi. Semua layanan Blackberry dari BBM, email, social media (twitter, facebook) aktif normal. Kenapa lebih baik offload dari 3G ke wifi? Karena jaringan 3G seringkali ditemukan sangat lambat, sehingga lebih baik kita offload ke wifi agar koneksi lebih kencang.

Speed Test BB 3G

Speed Test BB 3G

Speed Test Offload ke Wifi

Speed Test Offload ke Wifi

Bahkan aku coba mematikan jaringan GSM di Blackberry hanya mengandalkan offload 3G ke Wifi ini, semua service tetap berjalan dengan baik bahkan lebih kencang. Aku pun coba untuk mengetest kecepatan antara menggunakan 3G Blackberry biasa dengan Offload ke Flashzone-seamless (@wifi.id).

Hasilnya ternyata lebih kencang offload ke wifi.

Lokasi @wifi.id

Kalau kita melongok ke website dari @wifi.id, kita bisa mencari lokasi-lokasi terdekat kita yang ada AP @wifi.id. Ternyata sebarannya luas juga. Coba cari lokasi @wifi.id di dekat kamu.

Cara koneksi @wifi.id

Harusnya terintegrasi provider lebih banyak

Wah jadi beruntung punya duet Flexi dan kartu Telkomsel. Paket Flexinet yang cukup murah ditambah fitur wifinya. Dan Offload 3G ke Wifi via EAP-SIM dari Telkomsel, Blackberry lebih kenceng lagi.

Sempat kupamerkan ke istriku, namun sayangnya dia menggunakan kartu provider bukan Telkomsel. Kalau di Singapore (Wireless@SG) kita bisa menggunakan multi-operator. Kita semua berharap operator-operator lain juga terintegrasi ke @wifi.id agar semua bisa merasakan akses broadband yang lebih baik lagi, dimana saat ini semua operator nampaknya sudah mengarah ke akses broadband yang jenuh. Mudah-mudahan @wifi.id menjadi masa depan akses broadband Indonesia.

11 thoughts on “@wifi.id – Indonesia Wifi”

  1. di sevel tempat saya nongkrong ada @wifi.id

    tapi skarang ko ga ada yaa di list wifi saya

    apa udah di hilangkan apa gimana

  2. Wah. emang keren banget @wifi.id . Internetnya kenceng banget, biasa gunain di sekolah, pake username flexi dengan paket yang murah meriah. Kecepatannya bahkan jauh lebih cepat dari hotspot sekolah yang dulu saya anggap lumayan cepat untuk ukuran free wifi. Tapi setelah ada @wifi.id jadi lebih nyaman pakai ini. Sayangnya jangkauannya belum menyebar, masih banyak tempat umum yang belum terjamah. Kalaupun ada biasanya coverage are dari AP @wifi.id sangat minim.

    Thanks om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>