Offload 3G Telkomsel ke Wifi Flashzone-seamless (@wifi.id) di Blackberry

Posting sebelumnya membahas tentang @wifi.id. Kali ini lanjut tentang offload 3G Telkomsel ke Wifi SSID Flashzone-seamless yang disupport oleh @wifi.id di handset Blackberry. Rututan ini dapat juga disesuaikan dengan handset lain seperti iOS iPhone / iPad 3G maupun Samsung Galaxy S3.

Flashzone-seamless menggunakan metode otentifikasi EAP-SIM, jadi kita tidak perlu memasukkan password wifi atau username via captive portal. Otentifikasi dari SIM Card GSM kita. Sehingga lebih simpel, mudah, dan cepat. Namun saat ini masih banyak yang belum mengetahui.

Mengapa offload ke Wifi? Karena di beberapa area padat, terutama public area walaupun dapat jaringan 3G, terkadang koneksi bisa jadi masih lambat juga. Oleh karena itu dengan offload ke 3G seperti kita belok dari jalan yang padat ke jalan tol yang lebih kencang.

Cara konek ke Wifi Flashzone-seamless

Ketika berada di area yang tercover @wifi.id, di situ terdapat pula SSID Flaszone-seamless. Pastikan sudah mengaktifkan wifi dari handset (Blackberry), Kemudian coba scan SSID Flashzone-seamless dari handset.

Kemudian setelah memilih SSID Flashzone-seamless, pilih metode otentifikasi. Di beberapa seri Blackberry, menu ini ada di paling atas jadi harus sedikit melakukan scrolling sampai atas. Dan pilih EAP-SIM, dan klik OK/Connect kemudian tunggu sampai proses otentifikasi selesai.

Ya cuman begitu saja, simpel bukan? Sekarang sudah bisa melakukan koneksi data internet dari handset via Wifi, tanpa harus manual otentifikasi memasukkan username dan password. BBM pun bisa berjalan di sini.

Testing Wifi mematikan jaringan 3G

Untuk mencoba (tidak perlu dilakukan), kita bisa mematikan jaringan 3G GSM kita dan hanya mengaktifkan Wifi. Dan semua koneksi tetap berjalan baik. Berikut ini adalah test kecepatan internet ketika masih menggunakan 3G saja dengan Offload ke Wifi. Nampak perbedaan kecepatan yang cukup signifikan.

Menggunakan 3GMenggunakan Wifi

Selamat mencoba

 

17 thoughts on “Offload 3G Telkomsel ke Wifi Flashzone-seamless (@wifi.id) di Blackberry”

    1. Kemaren nyoba di Android Samsung Galaxy S3 lgsg bisa pakai EAP-SIM, bbrp seri Android yg beredar di Indonesia nampaknya belum bisa scr lgsg. Musti ada add-on yg harus ditambahkan, nanti aku coba eksplor lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>