BII Maybank Bali Marathon 2012 – My First Race

22 April 2012, Gianyar Bali, untuk pertama kalinya aku ikut running race. Target tidak muluk-muluk yang penting bisa mencapai finish dan tidak menjadi yang terakhir. Ada beberapa kategori utamanya adalah full-marathon, half-marathon, dan 10K. Tentu saja aku ambil yang 10K, karena baru pertama kali ikutan. Bahkan ini adalah running 10K yang kedua, sebelumnya adalah running persiapan 10K. Walupun dibandingkan dengan masa latihan, terpaut lebih cepat 2 menit.

Awalnya ragu untuk ikut, namun karena dipanasi oleh Telkom Runners, akhirnya ambillah nomor 10K.

The Race

Race kali start dimulai dekat Bali Marine & Safari Park, dimulai pukul 05.00 WITA dengan full-marathon, kemudian disusul half-marathon, weel-chair, dan baru 10K. Serunya di awal start race diiringi dengan obor-obor yang dipegang oleh berderet orang-orang Bali, jadi lebih semangat. 10K dimulai pukul 06.00 WITA, dan karena ini adalah event berskala Internasional dimulai tepat waktu.

Track 10K, merupakan track lurus dengan 5K arah balik. Track 10K ini memiliki banyak dakian dan turunan, walaupun tidak curam tetapi cukup menjadi tantangan para pelari. Tersedia banyak water station untuk setiap 2-3 Kilometer.

Sayangnya aku tidak memperhitungkan medan, stabilitas, dan stamina. Kalau dilihat dari pantauan rekam detak jantung, dari awal sudah cukup tinggi. Alhasil di tengah sempat jalan dan lari agak lama. Bahkan sempat carbo loading beberapa gigitan Snickers, yang seharusnya tidak perlu-perlu amat. Di akhir begitu tampak finish, coba memompa lebih keras lagi. Dan catatan rekam jantung sampai dengan 227BPM. Benar-benar over, sampai di Finish menabrak beberapa orang dan cukup bikin jadi ‘nggliyeng‘.

Ternyata semua peserta yang finish mendapatkan mendali. Cukup targetku di race pertamaku yaitu pengalaman, medali, dan foto ^_^

So far, sangat seru pengalaman ini. Next adalah Finish 10K dengan Pace  yang lebih baik.

Foto Bersama Telkom Runners

 Credits

All foto(s) here taken by Shinta Irawati, except the Endomondo Result Workout Image

Others Story about Bali Marathon 2012

 

2 thoughts on “BII Maybank Bali Marathon 2012 – My First Race”

    1. @ZhengNorahs

      Usually they will announce the exact location just couple of months before the race day. Just stay tune on their official website.

      I’m an Indonesian but Bali is not my teritory. Usually they will held pick-up bus near some strategic spot in Bali. So just took the strategic places (refer to the last year) and don’t forget to book the shuttle / pick-up bus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>